Mengoptimalkan Kinerja Windows Xp

Banyak cara dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja Windows XP, yang telah dibahas di sini adalah tweak Registry.
Selain itu, masih ada beberapa cara lain, misalnya menghilangkan program yang tidak perlu, meningkatkan kapasitas memori dan sebagainya.

Tambahkan memori RAM
Satu cara yang mudah untuk meningkatkan kecepatan komputer. Selain lebih murah daripada jika anda meng-upgrade perangkat keras komponen lainnya, dampak yang dihasilkan besar sistem PC.
Mengapa RAM sangat penting? Bila sistem PC hanya memiliki kapasitas memori terbatas, hard disk akan bertindak sebagai memori virtual. Memori "peniru" Ini telah bekerja dengan baik, tetapi dampaknya cukup memperlambat komputer. Karena itu, jauh lebih menguntungkan bila menggunakan RAM yang tidak memadai dalam rangka untuk memaksa PC hard drive untuk menjalankan virtual memory memory.Apalagi harga saat ini jauh lebih murah dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, jadi pilihan untuk meng-upgrade adalah cara untuk mendapatkan peningkatan performa.

Pengaturan grafis
Untuk meningkatkan kinerja Windows XP adalah mengubah setting grafis. Semakin serampangan Anda akan menetapkan grafis dampak bagi kinerja kurang dikenal komputer.Seperti, tampilan Windows XP cukup berbeda dari versi Windows sebelumnya, dan ini dibayar dengan kebutuhan sumber daya yang lebih besar. Dampak kecepatan sistem akan berkurang. Karena itu, mengubah tampilan grafis menjadi lebih sederhana (misalnya, Windows Classic) akan berpengaruh pada peningkatan performa Windows Xp.
Bagaimana pengaturan sebagai berikut:
Control Panel> Tampilan> Tema, mengubah tema yang sudah ada menjadi Windows Classic. Klik Appearance, set tampilan sesuai selera Anda. Windows juga menggunakan kekuatan grafis untuk memberikan efek khusus yang ada (seperti menu, seperti fade, shadow dibawah cursor mouse, dan lain-lain). Semua efek tersebut sebenarnya mengambil kinerja Windows. Anda dapat mengatasinya sebagai berikut: Control Panel> System> Advanced> Performance> Pengaturan> pilih "Adjust for best performance". Atau Anda dapat memilih Custom dan bebas memilih setting yang ada. Semakin banyak yang Anda berikan sedikit tanda tanda cek, yang akan kurang perlu komputer.
Kecepatan People FileSaat Anda membuka folder atau browsing Windows Explorer, Windows akan secara otomatis mencari folder jaringan dan printer yang mungkin akan Anda akses. Ini ternyata merampas waktu, bahkan terkadang tidak cukup mengesalkan jika kita ingin mengakses saat itu. Anda dapat memberitahu Windows tidak untuk mencari (searching) jika tidak diperlukan.
Lakukan berikut ini: My Computer> menu Tools> Folder Options> View> Hilangkan tanda centang pada "secara otomatis mencari folder dan printer jaringan"> klik OK.Setelah anda restart komputer, browsing folder akan lebih cepat.

Membuang file usang
Bersihkan harddisk dari file yang tidak digunakan lagi. Tujuannya adalah bahwa akses ke file yang akan lebih cepat. Sebelum memulai, ada baiknya untuk memeriksa ruang harddisk yang tersisa. Caranya: My Computer> klik kanan icon hard disk> Properties> catatan dari ruang hard disk. Melalui My Documents folder, menghapus (Delete) file-file yang tidak lagi diperlukan, atau jika file-file tersebut masih penting anda dapat memindahkan ke CD atau DVD. SoftwareMenghapus uninstall perangkat lunak yang digunakan sangat jarang perlu meningkatkan kecepatan sistem. Anda dapat melakukannya dengan membuka Control Panel, pilih "Add or Remove Programs", akan muncul daftar perangkat lunak yang diinstal pada sistem. Uninstall semua software yang Anda tahu tetapi tidak diperlukan.Selanjutnya, klik tombol "Add / Remove Windows Components." Akan menampilkan daftar komponen XP secara otomatis terinstal dengan Windows.

Menghapus komponen yang tidak anda butuhkan.
Eliminasi FontBuatlah folder (My Documents di dapat) dengan nama "unused Fonts." Menggunakan Windows Explorer ke folder C: \ WINDOWS \ Fonts, kemudian tarik font-font yang tidak digunakan tidak pernah menggunakan Font ke dalam folder. (Anda bisa klik dua kali sebuah font untuk melihat tampilannya.) Dengan font-font dapat mempercepat beberapa aplikasi yang berjalan.

Bersihkan Hard Disk
Anda juga dapat menyetting Windows untuk mencari sampah-sampah yang tidak berguna. Caranya: dari My Computer, klik kanan hard drive> Properties> "Disk Cleanup." Butuh beberapa waktu untuk memindai hard disk file yang dapat Anda hapus. Setelah selesai, klik OK dan Yes.

Bersihkan Registry
Meskipun anda telah menguninstall beberapa program, banyak program-program terseut meninggalkan residu atau sisa dalam Windows Registry. Ada baiknya karena dihapus dari sistem tidak lagi diperlukan. Ditemukan di Internet banyak software Registry cleaners, salah satu yang mudah digunakan dan bebas EasyCleaner. DefragSetelah membersihkan semua waktu, saatnya mendefragment harddisk. Defragment dibutuhkan karena ketika komputer menyimpan semua file dalam drive, file-file tersebut ditempatkan di ruang kosong di sana. Jika ini berlangsung lama, masing-masing file akan disimpan secara terpisah dan di beberapa tempat. Defragmenting menyatukan potongan-potongan file kembali sehingga komputer lebih cepat mengakses file.
Untuk melakukannya: matikan semua program yang sedang dijalankan, disable screen saver lewat Control Panel> Display. Pergi ke My Computer> klik kanan hard drive> Properties> Tools> "Defragment Now". Biarkan komputer bekerja selesai.

Selamat Mencoba. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Mengoptimalkan Kinerja Windows Xp"

Post a Comment

Terima kasih telah menulis komentar anda...^-^

Note: Only a member of this blog may post a comment.